Masih perlukah akses Internet di Pohuwato ?

Tentu masih segar diingatan kita Briptu Norman camaru, salah seorang anggota Brimob Polda Gorontalo yang namanya meng-indonesia akibat aksi joged indianya. Juga belumlah hilang ingatan kita tentang sang artis Ariel “Eks Vokalis Peterpan” yang sempat booming akibat “ekspresinya” dengan salah seorang artis cantik Luna Maya. Informasi eksistensi heboh mereka ini sangat populer di salah satu media internet Saring Video Youtube dan hanya bisa diakses lewat internet.


Entah kenapa ada Internet
? Pertanyaan “lucu” ini mungkin pernah terbersit di benak kita. Wahh...anggarannya terlalu tinggi mas bro, mending pake modem saja !! Statement inipun mungkin saja terlontarkan. Tetapi apakah kita semua sudah menyadari pendapat ini ? Jawabanya..TIDAK. Mereka belum SADAR. Dengan jawaban ini, penulis teringat guyonan teman sekaligus “boss” yaitu “menyadarkan orang yang pura-pura tidur lebih sulit, dari menyadarkan orang yang benar-benar tertidur”.
Internet khusunya dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato, kali pertama dapat diakses pada tahun 2007. Akan tetapi, di lingkungan Pemkab Pohuwato pengelolaannya sampai saat ini dikelola oleh Bappeda Pohuwato dan bukan kepada dinas terkait. Hal ini diakibatkan oleh belum terbentuknya instansi seperti Dinas Infokom di Kabupaten ini. Masih segar diingatan penulis, kegigihan Kepala Bappeda saat itu ( saat ini menjabat sebagai Sekda Pohuwato ) dengan ide tentang pemasangan Internet ini. Terlepas dari terbitnya INPRES Nomor 3/2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government yang punya kaitan dengan “gong “reformasi birokrasi yang telah ditabuh oleh pemerintah, akan tetapi menurut penulis “Kalo bisa mudah kenapa harus dipersulit”,”kejar ketertinggalan” mungkin ini yang diimpikan oleh beliau saat itu.
Bukankah dengan adanya internet atau penerapan TI , semuanya dipermudah ?. contoh sederhana ketika salah seorang PNS Pohuwato ingin mengetahui kelengkapan dan berkas kepegawaiannya bisa meng- klik website BKPPD Pohuwato. Atau bagi UKM yang belum terdaftar bisa mengecek langsung di halaman website Disperindag Pohuwato. Dan, Insya Allah awal tahun 2012, LPSE Pohuwato siap eksis bagi para pengusaha jasa konstruksi yang tidak perlu repot mengunjungi/memadati kantor terkait hanya untuk mendaftarkan dan mengetahui proses lelang. Proses ini tentunya bertujuan untuk mengeliminir sekat birokrasi, transformasi birokrasi , transparansi serta menyederhanakan sebuah pelayanan.
Sesekali kita dapat mengunjungi halaman website Kominfo. disana nampak jelas terlihat pada bagian headernya : “ ICT Pura , langkah Transformasi masyarakat informasi Indonesia “, “ Gerakan Nasional menuju Indonesia Connected, Siapkah Kota Anda ? “, “ Bersama menuju Indonesia Connected, Siapkah Kota Anda ? . Seketika penulis berdialog dengan jemari ini, Siapkah Kabupaten Pohuwato ? . Informasi diatas seakan “dipanaskan” oleh pemberitaan media terkemuka Gorontalo edisi 3/12/11 yang judulnya “ Kabupaten Gorontalo dapat Bantuan 10 Mobil M-Klik “ dan “ Sekda Bonbol tinjau Media Center “. Dan sekali lagi penulis mencoba bertanya pada jemari ini, “ Kabupaten Pohuwato, Kapan ?, Dimana ?, Kemana ?”. Apakah mungkin dipengaruhi oleh belum tersedianya sebuah instansi khusus pengelola sehingga Pohuwato jarang “terjamah” oleh sentuhan IT dari Pemerintah pusat ?. Mungkin saja Ayu-Tingting yang bisa menjawab.:)


Sumber baca :
  1. Rudiat Komara ; Teknologi Informasi Dan Reformasi
  2. Menkominfo : Seluruh kecamatan tersambung Internet .
  3. Website Menkominfo
  4. Gorontalo Post Edisi Sabtu,3 Desember 2011










4 Komentar

  1. tulisan menarik :) salam kenal yaa....

    ini kunjungan balik admin dblogger gorontalo
    http://dotgorontalo.blogdetik.com/2011/12/03/menulis-serentak/
    Hardi

    BalasHapus
  2. mantap bro, salam rocker..!!!

    BalasHapus

PLEASE COMMENT..!!