Pak Zai, berbagi itu Asyikk !

Apa betul Berbagi itu asyikk ? pastinya hanya diri kita dan Tuhan yang tahu. Dalam ajaran Islam , bahwa Sebaik-baiknya ummat adalah bermanfaat bagi orang lain. Berarti dengan berbagi sesuatu, dapat bermanfaat bagi orang lain. Berbagi bisa bermacam-macam. Namun dalam catatan ini, berbagi yang diurai adalah berbagi file / dokumen melalui internet.
Dalam keseharian kita, khususnya bagi teman-teman yang sering internetan atau chating menemui jawaban ketika kita meminta file pada seseorang “ nih, donlot saja disini http://misalnya.com/dokumensaya/wisatagorontalo.docx  atau “ http://goo.gl/71k45Aj4 “ hanya sederat huruf ini yang diberikan atau istilahnya Link atau URL (Uniform Resource Locator ) . Parahnya lagi , malah dikasih Link yang terlalu panjang, sehingga menghapalnya agak susah pastinya. Misalnya : https://drive.google.com/open?id=083yVOvaHqRYG01Nod2q2dDRhOWs :D .

Banyak bersebaran di Internet fasilitas berbagi file diantaranya Dropbox atau 4shared. Dan kali ini kita mengulas yang namanya Google Drive. Ibarat memilik Hardisc atau flashdisc yang notabene adalah media penyimpanan portable, maka dengan dengan menggunakan fasilitas cloud atau google drive maka kita punya media penyimpanan online sebesar 15 Gb artinya bisa diakses everytime everywhere, tentunya harus terkoneksi dengan internet.

Oke, langsung saja yah ! pertama kita wajib memiliki email atau akun google. Kalo belum punya, toduwolo bikin dulu akunnya. Cara bikin akun, gampang saja, klaklikkluk finish.

Photo 1



( Photo 2 )

  1. Buka Google Drivenya alamatnya disini http://drive.google.com , trus login pake akun google kamu.( Photo 1 )
  2. Setelah masuk, tampilan dasboardnya seperti dalam photo ini ( photo 2 )
  3. Klik tombol New / Baru ( photo 3 )
  4. Nampak pada photo 2, yaitu Folder untuk Buat Folder baru , Upload File dan seterusnya.
  5. Buatlah Folder baru , dengan cara right click atau klik button NEW dan rename sesuai kategori file kamu nanti. Pembuatan Folder mirip buat folder di Windows Explorer di Komputer / Laptop.
  6. Upload atau buat File, sesuaikan dengan foldernya. Misal : Nama File Ternak Ayam.docx dan seterusnya.( Photo 4 )

(Photo 3)

(Photo 5)


Selanjutnya , kita masuk  ke fokus yaitu membagi file dan menjadikannya shortlink biar tidak kepanjangan.

  1. Right Click Folder atau File yang akan kita Share lalu klik Bagikan/Share.  Jika Folder , maka seluruh File didalam Folder dapat dibagi dan jika File, maka hanya file saja yang akan kita bagi . ( Photo 5 )
  2. Kemudia Klik Copy Link / Salin Link lalu Ok atau Beres. ( Photo 6 )
  3. Kemudian buka Browser atau Notepad , lalu paste Link yang telah disalin tadi.
  4. Hasilnya mungkin seperti ini : https://docs.google.com/document/d/ytrytry-g/edit?usp=sharing
  5. Lalu pendekan linknya dengan membuka browser, arahkan ke alamat : https://goo.gl dan Paste Link tadi ke Kolom yang telah disediakan dan tekan button SHORTEN URL . ( Photo 7 )
  6. Berikutnya akan muncul dialog box sebagaimana pada gambar. Di Copy Linknya dan DONE.
  7. Coba hasilnya di Browser atau Notepad dengan cara paste / ctrl V . Maka hasilnya adalah https://goo.gl/z5KX2m
  8.   Nah, linknya so pendek to ? ..hehe.. Jadi dah,, Linknya siap dishare
f
(Photo 6)




         

Saya berharap sedikit cerita ini bisa membantu teman-teman  , utamanya Teman karib saya , Bos Komandan Zai NASA GORONTALO , POHUWATO . Terima kasih, Pak Zai. Karena Bapak, saya posting lagi diblog ini.

Sebetulnya cara lain untuk short url dan customnya tidak hanya milik Google. Nanti silahkan dibrowsing dengan kata kunci Short Url. Selanjutnya untuk Singkronisasi File atau Folder local / Laptop dengan Drive Google milik kita , mungkin bisa diceritakan kemudian hari.


0 Komentar