2 tips dan trik berbagi post di Instagram


Instagram adalah platform media sosial yang saat ini memiliki pengguna cukup banyak dan terus berkembang.  Kekuatan dari Instagram dan meruoakan ciri khasnya adalah visual yang memiliki fitur untuk membagikan konten berupa gambar yang didukung dengan sedikit perkataan atau caption.

Hari ini kami INstanusantara Regional Gorontalo yang merupakan Komunitas Foto berbasis Instagram diundang dalam sebuah talkshow bagi Komunitas Rumah Kreatif  BRI untuk  membagikan beberapa tips penggunaan Instagram yang kami pelajari, kutip dari beberapa media dan pengalaman komunitas kami.

Yuk, mari menyimak .

Untuk tips ini , kami membaginya dalam 2 kategori besar yakni Postingan dan Algoritma.

POSTINGAN 
  1. Buatlah Post semenarik mungkin .  Konten yang kita upload pada Instagram, menunjukan identitas karakter dari kita sendiri atau jenis bisnis jika kita menggunakan Instagram untuk berbisnis. Buat mereka mengerti kita atau layanan yang kita tawarkan , menghibur dan lalu melakukan tindakan.

  2. Tentukan Target postingan . Misalnya, ketika kamu menjual produk hijab, maka sudah sewajarnya kamu akan menargetkan wanita berusia 18 – 35 tahun sebagai target utama. Konten yang akan kamu buat di Instagram juga harus menyesuaikan ketertarikan mereka dan diharapkan bisa membuat mereka merasa terlibat.

  3. Kenali Produk/Identitas . Setelah Sobat tahu siapa target pelanggannya, kamu juga harus tahu produk seperti apa yang akan dijual. Tujuannya adalah untuk memudahkan kamu dalam membuat konten yang informatif, menarik, dan tentunya menjual.

  4. Aturlah jumlah karakter pada caption . Kamu bisa membuat jadwal postingan, mulai dari memposting informasi yang berkaitan dengan produk, memposting detail produk, sampai memposting promo produk agar postingan Instagram kalian lebih menarik dan mudah diikuti.

  5. Posisikan Informasi Penting di awal caption . Atau istilah lainnya Headline . Saat Sobat  memposting foto dengan caption yang sedikit lebih panjang, maka satu kalimat di awal akan muncul terlebih dulu. Ini kesempatan kamu untuk menarik minat follower untuk membaca lebih lanjut caption yang kamu buat.

  6. Hastag . Batas penggunaan hashtag di dalam postingan Instagram adalah 30 hashtag. Menurut hasil studi dari Siply Measured, mereka yang menggunakan hashtag di dalam setiap postingannya akan meningkatkan engagement sebesar 12,6% dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya. Hastag harus relevan dengan postingan Instagram dan target

  7. Buat Pertanyaan untuk Target . Sesekali cobalah untuk mengajukan pertanyaan untuk target pelanggan kamu. Sobat bisa melibatkan mereka dan membangun interaksi dengan mereka. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan judul yang berisi pertanyaan. Bisa jadi pertanyaan sederhana yang hanya membutuhkan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’, atau pertanyaan sederhana lainnya.

  8. Mention Seseorang untuk Membuat Postingan Instagram Lebih Menarik . Jika akun Instagram kamu bukanlah satu-satunya official account dari perusahaan atau brand bisnis, kamu bisa menyebutkannya di dalam caption. Dengan menyebutkan akun lain, kamu akan membuat target pelanggan merasa bahwa mereka akan diperhatikan.

  9. Ajak Target untuk Lebih Terlibat . Engagement dengan target pelanggan menjadi hal yang harusnya Sobat  prioritaskan. Salah satu caranya adalah dengan membuat postingan Instagram kamu terlihat lebih menarik. Minta mereka untuk meninggalkan komentar dan mengajak teman mereka dengan meninggalkan tag.

  10. Gunakan Emoji . Selama emoji masih relevan dengan tema dan tidak mengganggu, emoji bisa membantu kamu menciptakan kesan hangat kepada target pelanggan

  11. Jadwalkan Postingan agar Lebih Teratur . Jika Sobat ingin membuat postingan Instagram yang menarik, kamu bisa membuat beberapa postingan dalam sehari dan membuat jadwal postingan. Sehingga kamu tidak perlu terpaku untuk mengerjakan hal-hal yang sama setiap harinya. Alhasil, kamu bisa menggunakan waktu kamu untuk tugas lainnya.


ALGORITMA

Algoritma social media semacam elemen teknis dan analisa untuk menampilkan konten terbaik untuk user social medianya. Jadi, dalam hal ini, Instagram mengamati bagaimana seseorang menggunakan aplikasinya – baik dari seberapa sering mereka mengakses Instagram, berapa lama mereka menghabiskan waktu di Instagram, serta konten seperti apa yang paling banyak mereka like, dan masih banyak lagi – untuk menentukan konten apa yang paling tepat untuk ditampilkan di feed mereka.

Terdapat Tiga faktor utama algoritma Instagram

  1. Minat atau Interest . Instagram menemukan sebuah metode untuk menghitung dan memperkirakan sebuah minat pengguna. Jadi, Instagram memberikan kategori tentang konten post yang mungkin Anda sukai

  2. Timeliness . Instagram juga masih mempertimbangkan waktu posting. Artinya, Instagram lebih memprioritaskan konten yang terbaru
  3. Interaksi . Instagram menandai hubungan itu dalam suatu interaksi. Saat Anda melakukan interaksi dengan seorang pengguna Instagram, entah itu memberi like, comment, atau tag, Instagram udah menjadikannya sebagai sinyal bahwa mereka adalah pengguna yang punya hubungan dekat dengan Anda. 

  4. Frekuensi . Algoritma Instagram itu secara sistematis menampilkan konten dengan urutan waktu.

  5. Following . Disini pentingan following. Kalau jarang bermain instagram, algoritma Instagram akan menampilkan konten berdasarkan minat Anda, bukan tergantung waktu / kronologi.

  6. Usage . Makin lama waktu yang Anda habiskan, algoritma Instagram akan mencatat Anda dan menampilkan makin banyak konten. Sebaliknya, kalau Anda hanya menghabiskan waktu sedikit aja, maka konten yang akan Anda dapat juga tipis-tipis aja!



Jadi, segitu saja 2 tips dan trik bermain Bersama Instagram. Oh ya jangan lupa untuk mention dan follow kami @INstanusantaraGto yakni komunitas foto yang memiliki visi Explore Indonesia khususnya Gorontalo.


Sumber Info/Baca/Foto :
https://resellerindo.com/
https://ketapel.id/
https://www.jagoanhosting.com/

0 Komentar