Sistem Koordinat pada Lokasi Foto

gbr : indotipstricks.net 





langkah 1 -2
Dikalangan kaum pecinta  fotografi, objek sering diabadikan yang biasanya disertai dengan lokasi pengambilan sampai data teknis lainnya. Terkadang pula beberapa diantara mereka entah sengaja atau tidak sering lupa untuk tidak mempublish secara detail lokasinya, hanya menyebutkan lokasi secara umum.


Nah, untuk publish lokasi objek misalnya Benteng Otanaha , Pantai Olele , Pantai Sanur, Kuta, Pantai Pohon Cinta , Torosiaje sepertinya sudah biasa dan cepat ditemukan. Tetapi bagaimana dengan lokasi yang baru kita temukan belum terdeteksi oleh Pemerintah  setempat atau belumlah terjamah ? terpaksa kita hanya menyebutkan nama desanya sementara detail lokasinya tidak jelas.

Menyelesaikan kondisi ini, google melalui fasilitas mapnya sangat pas untuk menandai lokasi ketika lokasi objek kita belum terdeteksi  baik melalui PC atau Smartphone.  Namun tips kali ini, bahasannya disesuaikan dengan kondisi teknologi yang populer saat ini yaitu melalui Smartphone.



  1. Buka aplikasi maps yang ada di smartphone. ( Uji coba kebetulan menggunakan PicoPad GEW 5” Android 4.2 )
  2. Search dan Tandai lokasi yang diinginkan dengan cara menekan/tab ±2 detik pada lokasi tersebut, maka muncul sebagaimana pada gambar 1 dan 2.
  3. Tab/ketuk/tekan di menu “Bagikan” atau “share” dan pilih salah satu aplikasi tersedia. Kebetulan diuji cobakan dengan mengirimkan/bagikan melalui obrolan  akun Line Mesenger punya teman yang tidak aktif . (gambar 3 klik disini )
  4. Kemudian buka halaman/link yang ada di ruang obrolan Akun Line yang dikirimkan/dibagikan tadi, maka otomatis akan dibuka pada halaman maps (gbr 4 klik disini)
  5. Setelah terbuka maps, kita akan melihat angka-angka atau koordinat geografis (Lintang,Bujur) )yang terdapat dibagian atas ( mis : 0.122212, 120.333434 ), silahkan di copykan dan bagian bawahnya ada koordinat  yang format penulisannya menggunakan derajat menit detik (gbr 5 klik disini )
  6. Langkah terakhir, dibagikan/dishare lagi sama dengan langkah 3. Maka lengkaplah lokasi yang kita inginkan. (gbr 6 klik disini)

              
Sekian, semoga bermanfaat. Tips ini juga sekedar menjawab diskusi rumah kopi  antar member Instanusantara Gorontalo tentang penulisan lokasi dalam pengambilan sebuah objek yang sering saya lakukan. Kunjungi contoh penulisannya yang terdapat di halaman gallery Instagram http:// instagram.com/biztrock  atau di  http://biztrock.tumblr.com





2 Komentar

PLEASE COMMENT..!!